Monday, August 12, 2013

Cara Menjaga Kusu' Dalam Sholat

Jika kita benar-benar ingin sholat kita di terima oleh Alloh SWT. kita harus bisa menjaga kekhusu'an sholat kita. Namun itu memang sang... thumbnail 1 summary

Jika kita benar-benar ingin sholat kita di terima oleh Alloh SWT. kita harus bisa menjaga kekhusu'an sholat kita. Namun itu memang sangat sulit sekali jika di praktekkan. Dalam menjaga kekhusu'an sholat, perlu training berkali-kali, karena untuk membiasakan diri kita mengingat Alloh tidak bisa spontan langsung bisa. Tentunya kita perlu waktu yang sedikit lama. Untuk itu saya pernah mencoba beberapa cara yang hampir saya bisa khusu' 100% dalam mengerjakan kewajiban yaitu sholat. Karena saya sudah membuktikannya sendiri, saya tidak ragu lagi untuk memberitahukan kepada anda semua. Caranya yakni sebadai berikut:





1. Lupakan semua hal tentang keduniawian
    Sebelum anda mengerjakan sholat, mantapkan niat anda, mantapkan diri anda untuk berserah diri kepada Alloh SWT yang harus anda ingat hanya Alloh SWT tidak ada yang lain. Hilangkan semuanya, korbankan semuanya terlebih dahulu demi kemantapan sholat kita.

2. Menyebut Nama Alloh SWT
    Sebut nama Alloh SWT pada saat sholat. Tapi jangan menggunakan lisan anda, melainkan menggunakan batin anda. Baca kalimat "Alloh" selama kita mengerjakan sholat. Jangan sampai terputus hingga akhir penutupan salam. Jika anda membaca kalimat "Alloh" dalam hati, otomatis anda akan selalu mengingat Alloh SWT. Tapi anda harus tetap membaca bacaan sholat, karena itu termasuk rukunnya sholat.

3. Memberi makna setiap bacaan
    Saya biasa melakukan ini untuk menjaga sholat saya agar tetap khusu'. yang saya beri makna hanya takbir "allohu akbar" dan "samiallohuliman hamidah". "allohu akbar" artinya alloh maha besar, ini saya artikan dalam hati untuk mengingat alloh dalam mengerjakan sholat. Saya melakukannya setiap takbir, pokoknya saat pergantian gerakan sholat yang membaca "allohu akbar". "samiallohuliman hamidah" artinya alloh mendengarkan, ini juga saya artikan saat bangkit dari ruku' dan melakukan i'tidal. Jika anda mengerti semua makna bacaan sholat, lebih baik anda artikan semuanya untuk menjaga khusu' kita dalam sholat.

Mungkin ini sedikit tips dari saya, jika ada kurang lebihnya saya moohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika anda ingin bertanya atau mengirim masukan anda, bisa tulis di komentar di bawah ini.

No comments

Post a Comment